10 Cara Merawat Jenggot agar Tetap Sehat dan Rapi

By | July 22, 2019


Photo Source: David Mark from Pixabay

DokterSehat.Com – Bagi sebagian pria, menumbuhkan jenggot adalah sesuatu yang penting karena bisa meningkatkan rasa percaya diri. Namun, banyak dari pria yang tidak memahami bagaimana menjaga kondisi jenggot dengan baik. Berikut ini adalah cara merawat jenggot yang bisa Anda coba.

Cara Merawat Jenggot dengan Mudah

Sebelum menjelaskan mengenai cara merawat jenggot, perlu diketahui bahwa jenggot yang sehat tidak akan membuat kulit sekitarnya kering, teriritasi dan menimbulkan rasa gatal.

Jika Anda memiliki kulit wajah yang lembap dan tidak mudah teriritasi, hal itu akan membuat tumbuhnya jenggot menjadi lebih baik. Selain itu, bagaimana cara merawat kumis dan jenggot juga bisa memengaruhi penampilan.

Beberapa hal penting yang harus dilakukan untuk merawat jenggot di wajah adalah fokus pada bagian tepi jenggot, kerapihan, dan penggunaan nutrisi untuk jenggot dan kulit. Berikut ini adalah cara merawat jenggot yang bisa Anda coba, di antaranya:

1. Cukur jenggot menyerupai huruf U

Cara merawat jenggot yang pertama bisa dilakukan adalah mencukurnya dengan benar. Perlu diketahui setiap pria memiliki garis jenggot yang merayap ke pipi atau di bagian bawah dagu. Sementara pada pria yang lain, jenggot banyak bertumbuh di leher.

Lantas, bagaimana cara menentukan garis tepi jenggot yang sesuai? Caranya, Anda bisa meletakkan salah satu jari di atas jakun untuk menentukan garis dasar jenggot. Cara ini berguna untuk menentukan garis dari titik lurus di leher sebelum menggunakan pisau cukur.

Selanjutnya, dari titik di atas jakun tersebut Anda bisa mulai mencukur dengan membentuk huruf ‘U’ dari belakang kedua telinga atau dibalik garis rahang.

2. Merawat jenggot sekaligus merawat kulit

Banyak pria beranggapan bahwa cara merawat jenggot hanya terkait dengan menjaga rambutnya saja. Padahal, menjaga kesehatan kulit di sekitarnya adalah sesuatu yang tidak kalah penting. Hal ini diperlukan untuk mengurangi iritasi atau infeksi.

Cara merawat jenggot di sini, terkait dengan bagaimana perawatan sebelum dan sesudah dicukur. Tidak hanya merawat rambut wajah dan mencukur sesuai pola tertentu, Anda juga harus memastikan kulit terjaga kebersihannya.

3. Menggunakan minyak atau balsam jenggot

Cara merawat jenggot berikutnya adalah menggunakan minyak atau balsam jenggot khusus. Minyak jenggot bertindak sebagai pelembap dan zat pendingin yang bisa membantu merangsang pertumbuhan jenggot.

Agar mendapatkan hasil yang terbaik, minyak jenggot disarankan digunakan di pagi hari setelah mandi. Pada saat itu, folikel rambut sedang terbuka sehingga memudahkan kandungan minyak meresap.

Sementara, balsam jenggot berguna untuk menata jenggot sehingga bisa membantu menambah volume dan bentuk jenggot. Selain itu, balsam juga bisa menghilangkan bau, membantu menjaga kelembapan, dan melindungi rambut dari kotoran.

Anda bisa menggunakan balsam dengan kandungan lidah buaya, teh hijau atau minyak camelina.

4. Gunakan sampo dan conditioner

Pria yang memiliki jenggot, sebaiknya rutin membersihnya jenggotnya minimal dua kali seminggu dengan sampo. Selain sampo, Anda juga bisa menggunakan conditioner agar jenggot tidak kasar.

Sampo jenggot yang bisa menjadi pilihan adalah sampo yang penuh nutrisi dengan kandungan lidah buaya dan minyak peppermin. Sampo ini dipercaya mampu melembapkan dan melembutkan jenggot. Guna mengimbangi penggunaan sampo, Anda bisa conditioner pH-seimbang yang akan membuat helai rambut kuat, mengurangi kerusakan, sekaligus melembutkan.

5. Cukur dengan rutin

Kerapihan jenggot akan tampak apabila Anda memiliki ukuran yang tidak terlalu panjang. Segera cukur jenggot menggunakan alat yang tepat agar tidak mengganggu aktivitas Anda sehari-hari. Alat pangkas yang digunakan harus memiliki pisau yang tajam agar bisa memangkas jenggot dengan cepat.

6. Rutin disisir

Tidak hanya rambut di kepala, jenggot juga perlu disisir secara rutin. Cara merawat kumis dan jenggot ini bisa membuatnya terlihat lebih halus. Rutin menyisir jenggot atau kumis akan membuat rambut lebih tertata dan memastikannya pertumbuhan ke arah yang benar.

Seperti rambut, jenggot juga bisa terlihat kering. Cara yang bisa digunakan untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan bantuan gunting kuku. Potong ujung rambut yang melengkung atau kusut, setelah itu rapikan dengan sisir bergigi rapat.

7. Kebersihan mulut yang terjaga

Cara merawat kumis dan jenggot yang satu ini sering kali terlewatkan oleh beberapa pria. Padahal, menjaga kebersihan area di sekitar mulut adalah sesuatu yang penting. Bakteri dan kuman lebih mudah bersarang di jenggot dan kumis, dan dapat dengan mudah menular pada orang lain.

Oleh karena itu, gosok gigi dengan rutin, mengelap area sekitar mulut dengan tisu setelah makan dan rapikan rambut di sekitar area tersebut.

8. Konsumsi asupan yang sehat

Meski tidak ada makanan khusus yang bisa menjaga kesehatan jenggot, asalkan Anda menjaga keseimbangan pola makan sehat, hal itu secara tidak langsung juga bisa memengaruhi kondisi rambut dan kulit.

Beberapa suplemen seperti vitamin B kompleks dan biotin dapat memperkuat rambut. Namun, klaim terhadap hal ini belum bisa dibuktikan secara pasti. Konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan hasil yang terbaik.

9. Tidur yang cukup

Cara merawat jenggot yang satu ini adalah sesuatu yang hampir sama disarankan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Sebuah penelitian mengungkapkan, seseorang yang waktu tidurnya kurang, hal itu bisa memengaruhi pertumbuhan jenggot. Oleh karenanya, jika Anda ingin memiliki kondisi jenggot yang sehat dan lebat, Anda harus menjaga waktu tidur dengan baik.

10. Jangan terburu-buru mencukur jengkot

Cara merawat jenggot yang terakhir ini mudah untuk dilakukan. Caranya hanya dengan tidak mencukurnya selama beberapa bulan. Jika Anda ingin membentuk jenggot sesuai keinginan, maka jangan tergesa-gesa untuk mencukunya.

Setelah beberapa bulan tidak mencukurnya, barulah Anda bisa memulai untuk membentuk jenggot. Jika jenggot sudah tumbuh lebat dan merata, Anda juga tidak perlu membutuhkan produk penumbuh jenggot. Biarkan jenggot bertumbuh secara alami sambil melakukan perawatan berkala.

Nah, itulah beberapa cara merawat jenggot yang bisa Anda lakukan. Selamat mencoba.





Source link