10 Cara Mengobati Asam Urat dengan Gaya Hidup

10 Cara Mengobati Asam Urat dengan Gaya Hidup

[ad_1]

olahraga-cara-mengobati-asam-urat-doktersehat

DokterSehat.Com – Tanda dan gejala asam urat bisa dikenali dengan adanya rasa nyeri hebat pada sendi-sendi tulang, rasa linu, dan kesemutan yang berlangsung cukup lama. Nah, bila merasakan beberapa gejala tersebut segera mencara cara mengobati asam urat agar tidak terlampau parah atau akut. Cara yang paling mudah bisa dengan mulai menerapkan gaya hidup sehat. Selengkapnya simak di bawah ini bagaimana pengobatan asam urat dengan menerapkan gaya hidup yang sehat.

Cara Mengobati Asam Urat secara Alami dengan Gaya Hidup Sehat

Tips gaya hidup di bawah ini memainkan peran penting dalam mengatasi asam urat, juga dapat membantu mencegah komplikasi asam urat seperti penyakit ginjal dan penyakit jantung:

1. Minum banyak air

Mereka yang menderita asam urat biasanya mengalami pembengkakan dan peradangan yang signifikan. Salah satu cara mengobati asam urat adalah dengan minum banyak air untuk manurangi pembengkakan. Kenapa harua cukup minum air?

Minum banyak cairan dapat membantu ginjal melepaskan cairan berlebih, yang dapat mengurangi pembengkakan akibat asam urat.

Cairan yang terbaik adalah air, dan cairan bening lainnya yang juga pilihan yang bagus, di antaranya seperti teh herbal dan kaldu. Sementara cairan yang harus Anda hindari seperti soda dan alkohol karena mengandung banyak purin, yang memicu peningkatan kadar asam urat.

Perlu dingingat, bagi mereka yang mengalami gagal jantung kongestif atau penyakit ginjal harus berkonsultasi dengan dokter sebelum menambah asupan cairan.

2. Hindari stres

Kendalikan dan hentikanlah stres Anda, karena stres dapat memicu serangan asam urat dan dapat memperburuk gejalanya. Meskipun tidak sepenuhnya dapat menghilangkan stres Anda, ada sejumlah cara mengobati asam urat untuk membantu menguranginya dengan tips berikut ini:

  • Berjalan kaki singkat, jika memungkinkan
  • Membuat jurnal atau membaca buku favorit
  • Mengajukan cuti kerja
  • Istirahat yang cukup dapat membantu mengurangi stres
  • Mendengarkan musik
  • Bermeditasi

3. Rutin berolahraga

Aktif secara fisik seperti olahraga adalah salahsatu bagian dari gaya hidup sehat, dan cara ini dapat membantu mencegah asam urat di kemudian hari. Selain sebagai pengobatan asam urat, olahraga sekaligus cara menurunkan berat badan karena kelebihan berat badan atau obesitas adalah faktor risoko asam urat. Rajin berlahraga juga dapat membantu Anda mengendalikan stres secara efektif.

Jika sedang mengalami asam urat, Anda tidak disarankan untuk berolahraga hingga rasa sakit dan peradangan berkurang.

Bila Anda baru memulai berolahraga atau tidak berolahraga dalam waktu yang lama, konsultasikan dengan dokter tentang cara menjadi aktif secara fisik.

4. Istirahat yang cukup

Telah disinggung sebelumnya, istirahat merupakan csalah satu cara mengobati asam urat. Tidurlah yang cukup selama sekitar 8 jam setiap malam karena dapat membantu mengatasi stres dan merasa lebih baik secara keseluruhan.

Cukup istirahat akan sangat membantu meredakan asam urat. Serangan asam urat bisa sangat menyakitkan, dan mungkin sulit bergerak ketika mengalaminya. Mengistirahatkan sendi yang terkena selama mengalami asam urat dapat membantu mengelola gejalanya.

5. Perbanyak makan ikan

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa pengobatan asam urat dengan mengonsumsi beberapa ikan sangat membantu mengurangi kadar asam urat, karena ikan memiliki senyawa antiperadangan atau anti-inflamasi yang membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Sementara penelitian pada 2016 menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak ikan tuna dapat membantu mengurangi kadar asam urat serum. Masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk memastikan hasil penelitian ini.

Namun, beberapa situs web nutrisi menyebutkan bahwa tuna merupakan makanan yang memiliki purin tinggi, sehingga pada beberapa orang mungkin makan tuna memperburuk gejalanya. Selain itu, Arthritis Foundation menuliskan sejumlah ikan lain yang mengandung banyak, seperti ikan teri, sarden, dan ikan kod.

Jika Anda penderita asam urat ingin meningkatkan asupan ikan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk mendapatkan saran yang terbaik untuk Anda.

6. Minum air lemon

Penelitian pada 2015 telah menemukan bahwa cara mengobati asam urat secara alami dengan minum air lemon setiap hari untuk mengurangi asam urat.

Anda dapat membuatnya di rumah dengan bahan dua buah lemon dan dua liter air. Peraslah kedua lemon ini dan campur pada air. Ingat, tidak ditambahkan pemanis atau gula ya, Teman Sehat!

Para peneliti menyimpulkan bahwa meminum air lemon dapat membantu menetralkan asam urat dalam tubuh Anda, sehingga membantu mengurangi kadar asam urat.

8. Asupan suplemen herbal

Anda bisa mencoba suplemen herbal dan pantangan makanan tertentu. Ada beberapa suplemen herbal dan makanan tertentu dapat membantu mencegah asam urat.

Salah satunya adalah kunyit, yang dapat digunakan untuk kondisi peradangan lain selain asam urat — dapat membantu mengurangi peradangan. Selain itu, nanas yang meiliki kandungan bromelain yang dianggap dapat membantu mencegah asam urat.

Namun, penelitian lebih lanjut perlu dilakukan terhadap efektivitas kedua suplemen alami untuk asam urat. Tetapi jika Anda tertarik untuk mencoba suplemen herbal ini, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter sebelum mengonsumsinya, apakah bereaksi dengan obat lain yang tengah Anda gunakan.

Obat herbal lainnya yang dapat mengurangi asam urat di antaranya:

  • Seledri atau biji seledri
  • Teh jelatang
  • Dandelion
  • Kembang sepatu
  • Garam Epsom
  • Jahe
  • Pisang
  • Apel

9. Konusmsi suplemen vitamin C

Pengobatan asam urat dengan mengonsumsi suplemen vitamin C juga dapat menurunkan risiko asam urat. Penelitian kuantitatif atau meta-analisis pada 2011 dari 13 percobaan terkontrol secara acak, telah menemukan bahwa vitamin C secara signifikan mengurangi kadar asam urat dalam darah.

Mengurangi kadar asam urat dalam darah dapat menurunkan risiko serangan asam urat. Namun, penelitian ini sepenuhnya belum membuktikan secara meyakinkan bahwa vitamin C dapat mengobati atau mencegah asam urat, hanya saja vitamin C menurunkan kadar asam urat.

10. Pertahankan berat badan yang sehat

Cara mengobati asam urat secara alami berikutnya dengan menjaga berat badan yang sehat, karena cara ini dapat menurunkan risiko asam urat dan penyakit jantung.

Mengingat obesitas akan meningkatkan risiko asam urat, terutama pada orang yang berusia lebih muda.

Kelebihan berat badan juga meningkatkan risiko sindrom metabolik, yang meningkatkan tekanan darah dan kolesterol, yang pada akhirnya beririko meningkatkan risiko penyakit jantung.

Penurunan berat badan yang cepat, terutama ketika terjadi karena puasa, dapat meningkatkan kadar asam urat. Oleh karena itu, Anda harus fokus membuat perubahan gaya hidup jangka panjang untuk mengelola berat badan tetap sehat, seperti menjadi lebih aktif denganb berolahraga, makan makanan seimbang, dan memilih makanan padat kaya nutrisi.

Asam urat adalah kondisi yang sangat menyakitkan, tetapi membuat perubahan gaya hidup sehat dapat membantu mencegah serangan asam urat. Anda tidak harus mengubah gaya hidup sekaligus, lakukan secara bertahap, luangkan waktu, dan pengobatan mana yang cocok untuk Anda, dan lihat perubahannya.



[ad_2]

Source link

AKDSEO