10 Cara Menghafal dengan Cepat, Mudah, dan Efektif

By | July 12, 2019


DokterSehat.Com – Kemampuan menghafal yang baik tentunya menjadi impian setiap orang. Pasalnya, hal ini sangat dibutuhkan di sejumlah aspek kehidupan, baik itu dalam urusan pekerjaan, pendidikan, dan sebagainya. Akan tetapi, acap kali kita dihadapkan pada kondisi di mana sulit sekali untuk mengingat atau menghapal sesuatu. Lantas, bagaimana cara menghafal yang cepat, mudah, dan efektif?

Cara Menghafal dengan Cepat, Mudah, dan Efektif

Menghafal dengan cepat adalah kemampuan yang dibutuhkan oleh setiap orang. Hal ini penting guna meningkatkan produktivitas. Bagi pelajar, bisa menghafal dengan cepat membantu mereka untuk bisa memahami pelajaran dengan optimal. Sedangkan bagi mereka yang sudah bekerja, kemampuan ini dapat memaksimalkan performa di kantor.

Apakah Anda memiliki kesulitan dalam menghafal? Tips atau cara menghafal dengan cepat berikut ini mungkin akan berguna.

1. Mencatat Kata Kunci dan Poin-Poin Penting

Cara cepat menghafal pertama yang Anda harus lakukan adalah mencatat kata kunci atau poin-poin dari bacaan maupun presentasi, yang dirasa penting. Anda bisa mencatatnya pada secarik kertas maupun di aplikasi notes pada smartphone, tablet, dan sebagainya.

Kendati demikian, usahakan untuk mencatat dengan cara konvensional saja, yakni ditulis dengan tangan kendati tidak ada salahnya memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk mempermudah kegiatan mencatat ini. Namun, peneliti dari Washington University, AS, mengungkapkan orang-orang yang mencatat dengan menulis tangan memiliki daya ingat yang lebih baik.

Nah, jika Anda mencatat pada secarik kertas atau buku catatan, tulis dengan spidol berwarna dan bedakan warna untuk setiap kata kunci maupun poin-poin penting agar lebih mudah untuk dihafalkan dan disimpan dalam memori otak.

2. Membaca Catatan Berulang Kali

Setelah dicatat dan disimpan, luangkanlah waktu untuk membaca catatan yang telah Anda buat tersebut berulang kali.

Agar cara menghafal dengan cepat ini berlangsung maksimal, carilah tempat dengan suasana yang tenang, bersih, dan nyaman seperti di coffee shop, perpustakaan, atau pinggir kolam ikan. Berada di tempat-tempat tersebut diklaim membuat otak menjadi rileks sehingga berdampak pada peningkatan kemampuan mengingat.

3. Membuat Sesi Tanya-Jawab

Setelah mencatat dan membacanya berulang kali, cobalah minta bantuin kepada anggota keluarga, teman, maupun orang-orang terdekat Anda untuk membuat sejumlah pertanyaan merujuk pada catatan yang sudah Anda buat tersebut. Setelah itu, jawwablah pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan benar.

Cara cepat menghafal ini efektif untuk membantu Anda menguasai materi yang sedang dipelajari. Jadi, jangan lewatkan cara yang satu ini, ya.

4. Menghafal Bersama

Jika masih merasa kesulitan dalam menghafal, cobalah untuk membentuk sebuah kelompok belajar atau kelompok diskusi kecil-kecilan bersama teman-teman Anda. Hal ini menjadi salah satu cara mudah menghafal yang diklaim efektif.

Suasana yang menyenangkan bersama teman-teman menjadi alasan mengapa cara menghafal dengan cepat yang satu ini dinilai ampuh. Selain itu, di sini Anda bisa meminta teman yang sudah lebih menguasai materi untuk menjelaskannya kepada Anda sehingga akan sangat membantu dalam memahami materi.

5. Teknik ‘Jembatan Keledai’

Teknik ‘jembatan keledai’ adalah teknik atau cara menghafal dengan cepat yang patut sekali untuk Anda terapkan. Teknik ‘jembatan keledai’ menghadirkan proses menghafal yang menyenangkan sehingga diharapkan pelakunya bisa mengingat sesuatu dengan cepat.

Sebagai contoh, Anda hendak menghafal nama-nama bintang paling terang selain matahari, yakni Sirius, Canopus, Arcturus, Alpha Centauri A, dan Rigel. Agar lebih memudahkan Anda untuk mengingat, ambil huruf awal dari nama-nama tersebut untuk dijadikan kata-kata baru yang lebih familiar, misalnya ‘Sarah cinta Angga apapun rintangannya’.

Bagaimana, menarik bukan?

6. Fokus pada Satu per Satu Materi

Alih-alih ingin langsung menghafal beberapa topik materi dalam satu waktu, yang harus Anda lakukan adalah fokus terhadap satu materi terlebih dahulu. Setelah benar-benar hafal, barulah pindah ke materi selanjutnya. Menghafal keseluruhan materi secara bersamaan hanya akan membuat otak terdistraksi.

Lakukan cara menghafal dengan cepat seperti yang sudah dijelaskan pada poin-poin sebelumnya secara perlahan dan fokus.

7. Buat Cerita

Cara cepat menghafal yang satu ini juga menuntut kreativitas Anda. Namun percayalah, membuat suatu cerita pendek berdasarkan kata-kata yang hendak dihafalkan adalah cara efektif agar kata-kata tersebut terpatri di memori otak.

Urutkan kata-kata tersebut, kemudian dengan menambahkan kata penghubung dan sebagainya, rangkailah menjadi sebuah cerita pendek. Di samping membantu Anda untuk menghafal dengan cepat, cara ini juga bisa meningkatkan kreativitas, lho.

8. Visualisasi

Faktanya, otak kita lebih cepat untuk mengingat atau menghafal sesuatu yang berwujud visual. Nah, Anda bisa menerapkan cara menghafal dengan cepat yang satu ini guna menghafalkan kata-kata yang sedang dihafalkan.

Misalnya, Anda hendak menghafal seri-seri mobil dari suatu brand otomotif. Gambarlah mobil-mobil tersebut (atau bisa searching di internet, kemudian dicetak). Lakukan cara ini sesering mungkin dan secara teratur agar hasilnya bisa segera terlihat.

9. Makan Makanan Bergizi

Kemampuan menghafal dengan cepat berkaitan dengan kesehatan otak. Oleh sebab itu, jika Anda ingin memiliki kemampuan tersebut, mengonsumsi makanan bergizi yang kaya akan nutrisi dan vitamin, khususnya untuk otak, adalah jawaban dari semua ini.

Buah dan sayur-sayuran seharusnya menjadi menu wajib bagi Anda setiap hari, mengingat keduanya adalah sumber nutrisi dan vitamin terbaik yang berguna untuk memaksimalkan semua fungsi organ tubuh, tak terkecuali otak.

10. Istirahat yang Cukup

Terakhir, jangan lupa untuk istirahat yang cukup. Otak juga perlu diistirahatkan agar fungsinya tetap optimal. Setelah selesai melakukan cara cepat menghafal di atas, istirahatlah barang sejenak. Pun demikian dengan tidur malam. Pastikan Anda tidur tidak terlalu malam dan bangun tidak terlalu siang.

Istirahat yang cukup efektif untuk menjaga kesehatan otak, pun mengusir rasa lelah dan juga stres, yang mana keduanya juga menjadi salah satu pemicu mengapa otak tidak mampu menghafal sesuatu dengan cepat.

Itu dia informasi mengenai cara mudah menghafal yang bisa Anda terapkan guna memaksimalkan kemampuan otak dalam mengingat sesuatu. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!





Source link