10 Cara Mengatasi Masalah Tulang Belakang Tanpa Operasi

By | July 1, 2019


DokterSehat.Com – Disadari atau tidak, tulang bagian belakang yang kita miliki memiliki peranan yang sangat besar. Tulang itu berguna untuk menyangga berat badan bagian atas apalagi kalau Anda bekerja dengan mengangkut barang berkali-kali. Kalau area tulang belakang mengalami masalah, nyeri yang intens akan muncul dan membuat kita sulit untuk melakukan aktivitas dengan tepat.

Cara mengatasi masalah tulang belakang tanpa operasi

Nyeri yang terjadi di tulang bagian belakang kerap membuat seseorang jadi tidak nyaman. Nyeri ini bisa menyebabkan tubuh jadi tidak bisa bekerja dan untuk berjalan atau duduk pun mengalami gangguan. Kalau Anda mengalami masalah dengan nyeri di bagian belakang tubuh, berikut beberapa cara mengatasinya.

  1. Akupunktur

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah nyeri di bagian belakang tubuh adalah dengan melakukan akupunktur. Dengan melakukan ini Anda bisa mendapatkan cukup banyak manfaat mulai dari tubuh lebih nyaman dan rasa nyeri akan jarang sekali muncul.

Praktik akupunktur dilakukan untuk menurunkan rasa sakit dan menstabilkan energi. Dalam teknik pengobatan ini, masalah di tubuh muncul karena ada masalah pada pergerakan energi. Nah, pemberian tusukan dengan jarum akan membuat energi jadi lebih stabil dan fungsi tubuh akan kembali seperti sebelumnya.

  1. Manipulasi tulang belakang

Manipulasi tulang belakang dilakukan dengan menggunakan tangan secara langsung atau alat khususnya. Misi dari manipulasi ini adalah membuat tulang belakang menjadi lebih nyaman dan juga nyeri bisa diminimalkan. Meski tidak selalu menyembuhkan secara permanen, cara ini akan meminimalkan gejala yang muncul.

Karena yang dimanipulasi adalah tulang belakang yang notabene sangat sensitif dan memengaruhi banyak hal, ada baiknya untuk dilakukan secara profesional. Artinya mencari terapis bukan orang sembarangan agar tidak menyebabkan masalah pada tubuh yang lebih serius.

  1. Melakukan penurunan berat badan

Lakukan penurunan berat badan secara berkala. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, berat tubuh akan memengaruhi beban kerja dari area tulang belakang. Semakin besar berat badan yang Anda miliki, semakin berat pula beban yang akan ditanggung. Oleh karena itu, perhatikan berat badan agar selalu seimbang sehingga beban tulang tidak semakin besar.

  1. Menjalani diet anti peradangan

Masalah yang paling sering muncul di tulang belakang adalah inflamasi yang terlalu berlebihan. Kalau inflamasi terus terjadi, tubuh akan sering sekali mengalami nyeri termasuk nyeri di tulang belakang dan sekitarnya. Oleh karena itu kita disarankan untuk mengonsumsi makanan yang bisa mencegah inflamasi.

Beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi adalah aneka jenis buah dan juga sayuran. Biji-bijian dan beberapa jenis kacang juga bisa digunakan untuk pengganti lemak dan juga protein. Kalau Anda masih ingin mengonsumsi protein hewani, ada baiknya untuk menggunakan ikan.

  1. Melakukan olahraga

Lakukan olahraga secara rutin khususnya untuk melatih tulang dan otot di bagian belakang tubuh. Kalau Anda bisa melakukannya, nyeri bisa sedikit diatasi dan juga dicegah. Lakukan latihan dengan menggunakan mesin atau secara manual sesuai dengan kebutuhan dan juga kemampuan. Dengan olahraga, Anda juga bisa menurunkan berat badan dengan lebih mudah.

  1. Memperbaiki postur tubuh

Perbaiki postur tubuh dengan baik khususnya saat kerja. Kalau Anda lebih banyak bekerja di depan komputer, kemungkinan besar butuh peregangan atau alat untuk membantu Anda dalam memperbaiki postur. Kalau setiap hari, Anda melakukan postur membungkuk, kemungkinan besar nyeri di punggung akan lebih sering terjadi.

  1. Transcutaneous electrical nerve stimulation (TENS)

TENS adalah alat dengan sengatan listrik ringan dan bisa digunakan di area punggung dan sekitarnya. Anda bisa membeli alat ini di pasaran dan menggunakannya untuk terapi sesuai dengan petunjuk pada kemasan. Kalau Anda susah beli alat bisa meminta bantuan dokter untuk melakukannya. Di beberapa pusat terapi fisik memiliki alat ini.

  1. Menggunakan alas kaki yang benar

Gunakan alas kaki baik sandal atau sepatu dengan benar. Kalau Anda bisa melakukannya, gangguan di tulang belakang akan mengalami penurunan. Selama ini kita hanya mengenakan alas kaki sekadarnya saja asal kaki tidak kotor saja. Gunakan sandal atau alas kaki custom orthotic selama beberapa hari hingga kaki terasa lebih nyaman.

  1. Manajemen stres

Mungkin Anda akan menganggap kalau stres yang terjadi tidak akan memengaruhi fisik secara signifikan. Namun, stres yang terjadi pada tubuh memengaruhi banyak sekali aspek mulai dari memengaruhi hormon hingga menyebabkan inflamasi. Selain itu, stres juga menyebabkan otot jadi kaku khususnya di bagian belakang tubuh.

Kaku yang terjadi di bagian belakang tubuh menyebabkan nyeri yang intens dan kadang bisa muncul berkali-kali. Kalau Anda tidak bisa melakukan relaksasi, kemungkinan besar, nyeri bisa lebih mengganggu. Lakukan relaksasi, kurangi stres, lakukan yoga, hingga meditasi.

  1. Melakukan terapi fisik

Mengalami nyeri di bagian belakang tubuh atau back pain menyebabkan kita jadi tidak bisa bergerak dengan aktif. Sedikit saja menggunakan otot belakang terlalu banyak atau menggunakan tulangnya, nyeri akan terasa sangat intens. Akhirnya banyak dari kita tidak menggunakan otot bagian belakang dan memicu kaku.

Cara terbaik terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri di bagian belakang tubuh ini dengan baik adalah dengan melakukan terapi fisik. Terapis biasanya akan memberikan beberapa latihan untuk peregangan otot di bagian belakang tubuh sehingga area belakang jadi lebih lemas dan tidak terasa nyeri lagi

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah punggung tanpa harus melakukan operasi. Dengan menerapkan beberapa cara di atas, Anda bisa mengatasi nyeri yang berlebihan dan membuat aktivitas harian tidak mengalami gangguan lagi. Semoga ulasan di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan yang bermanfaat.

 





Source link