10 Cara Mengatasi Anak Susah Makan (Sudah Tebukti)

By | July 5, 2019


DokterSehat.Com – Ketika masa pertumbuhan, asupan gizi anak tentu harus tercukupi agar tumbuh kembangnya optimal. Salah satu caranya melalui makanan yang ia konsumsi, mulai dari daging, buah, hingga sayuran. Sayangnya, ada kalanya Anda harus menghadapi si kecil yang susah makan. Nah, bagaimana cara mengatasi anak susah makan?

Anak Susah Makan, Orang Tua ‘Pusing’

Orang tua mana yang tidak ingin anaknya dapat tumbuh dan berkembang dengan sempurna? Oleh karenanya, pelbagai cara dilakukan para orang tua (tak terkecuali Anda salah satunya) agar sang buah hati tercinta bisa menjadi anak yang sehat dan juga cerdas.

Entah apa alasannya, anak susah sekali untuk makan. Sudah disuapi bahkan sembari ditemani film kartun kesukaannya, tetap saja si kecil enggan menyantap makanan. Hal ini lantas menyebabkan orang tua menjadi bingung dan juga khawatir, mengingat mau tak mau anak harus makan agar gizinya terpenuhi.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan

Anda para orang tua jangan bingung atau khawatir terlebih dahulu. Tak ada masalah yang tidak bisa diselesaikan, termasuk masalah anak yang susah makan. Berikut ini adalah beberapa tips atau cara mengatasi anak susah makan yang bisa diterapkan pada si kecil.

1. Beri Contoh Terlebih Dahulu

Sebagian besar dari kasus anak susah makan adalah jenis makanan yang hendak dikonsumsi. Faktanya, anak-anak lebih senang untuk mengonsumsi makanan-makanan semisal nugget, sosis, dan produk daging olahan lainnya ketimbang sayur-sayuran. Padahal, meskipun berbahan dasar daging, makanan olahan sebagaimana diketahui memiliki dampak negatif jika dikonsumsi terus menerus.

Apabila anak Anda susah makan gara-gara makanan yang disajikan adalah sayur-sayuran, maka cara mengatasi anak susah makan adalah dengan memberikan contoh terlebih dahulu dengan mengonsumsi menu tersebut, sambil mengedukasi si kecil bahwa makanan tersebut menyehatkan.

Anak cenderung meniru apa yang orang tuanya lakukan, jadi berikan contoh atau tauladan yang baik jika ingin anak Anda memiliki kebiasaan yang baik pula, termasuk gemar makan sayuran.

2. Sekali-kali Turuti Kemauannya

Akan tetapi, tidak ada salahnya jika satu waktu Anda turuti kemauan si kecil sebagai solusi anak susah makan. Jika hari ini anak Anda ingin makan sosis dan chicken nugget, buatkan saja agar selera makannya bertambah dan ia pun makan dengan lahapnya.

Agar asupan gizinya tetap terpenuhi, Anda bisa coba membuat menu sop wortel yang dilengkapi dengan potongan sosis atau bakso.

3. Jangan Memintanya untuk Makan

Semakin Anda meminta si kecil untuk makan, semakin pula ia akan bersikeras menentang apa yang Anda minta tersebut.

Nah, mengapa Anda tidak menerapkan yang sebaliknya? Alih-alih terus menerus memintanya makan, cobalah untuk mengabaikan si kecil, atau cara yang lebih ‘ekstrem’ lagi, melarangnya makan. Sikap yang kontradiktif ini secara ‘ajaib’ malah membuat anak terdorong untuk makan.

4. Sajikan Menu yang Variatif Setiap Hari

Penyebab anak Anda susah makan mungkin bisa jadi karena menu makanan yang disajikan setiap harinya tidak variatif alias itu-itu saja. Sebagai seorang manusia, anak pun memiliki sifat bosan.

Oleh sebab itu, solusi anak susah makan pada kasus ini sudah jelas, yakni sajikan menu yang variatif setiap harinya. Manfaatkan kecanggihan teknologi mesin pencari (search engine) di dunia maya untuk mendapatkan referensi menu masakan. Pastikan juga Anda turut menyertakan masakan favorit si kecil untuk menambah nafsu makannya.

5. Berikan Camilan Berkalori

Cara mengatasi anak susah makan selanjutnya adalah, berikan ia camilan yang mengandung cukup kalori. Pasalnya, kalori berfungsi sebagai ‘bahan bakar’ sehingga anak dapat menjalankan aktivitasnya dengan lancar, terlebih jika ia memiliki banyak kegiatan dalam satu hari.

Kendati ber-kalori, pastikan jika camilan yang nantinya ia konsumsi juga menyehatkan, ya. Contohnya seperti keju, kacang-kacangan, atau buah-buahan.

Camilan berfungsi sebagai pengganti makanan berat yang mungkin enggan dikonsumsi anak Anda, sehingga kendati tidak makan nasi dan sebagainya, anak tetap mendapatkan asupan kalori untuk menambah energinya.

6. Memberikan Suplemen

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan produk suplemen anak yang sebagian besar fungsinya sama: menambah nafsu makan anak.

Memberikan si kecil suplemen makanan adalah cara mengatasi anak susah makan yang juga tidak boleh Anda lewatkan. Jangan khawatir anak enggan mengonsumsi suplemen makanan oleh karena produk-produk tersebut hadir dengan varian rasa yang disukai anak, seperti rasa buah-buahan. Pun, suplemen anak ada yang tersedia dalam bentuk permen jelly sehingga anak akan dengan senang hati mengonsumsinya.

7. Ajak Makan Bersama

Tidak adanya ‘teman’ makan juga memengaruhi mood anak untuk makan. Oleh sebab itu, pastikan jika Anda dan si kecil memiliki jadwal makan yang sama. Selain sebagai solusi anak susah makan, cara ini juga efektif untuk mempererat relasi antara anak dengan orang tua.

Momen makan bersama ini juga menjadi ajang untuk Anda mengedukasi si kecil tentang makanan apa yang sebaiknya rutin dikonsumsi jika ingin memiliki tubuh yang sehat.

8. Berikan Pujian

Afeksi dan apresiasi yang diberikan oleh orang tua atas apa yang dilakukan oleh anak hampir bisa dipastikan membuat mereka senang dan bersemangat untuk terus melakukan hal tersebut, tak terkecuali dalam urusan makan.

Cobalah cara mengatasi anak susah makan yang satu ini demi melepaskan anak dari kebiasaan sulit makan. Anda bisa memberikan kata-kata pujian setiap ia selesai makan seperti “wah, anak mama pinter banget ya makannya lahap”, atau “waah, kalau makannya rajin kayak gini, pasti juara kelas deh”, dan sebagainya.

Dengan memberikan pujian-pujian kecil, anak akan merasa bangga atas apa yang dilakukannya dan akan semakin bersemangat untuk makan.

9. Kerjasama Orang Tua

Anda berdua sebagai orang tua tidak bisa sendirian menghadapai anak yang susah makan. Perlu adanya kerjasama yang solid dan konsisten dalam mendidik anak supaya rajin makan.

Anda dan pasangan juga tak perlu ragu untuk berkonsultasi kepada dokter spesialis anak guna menemukan formula tepat dalam mengatasi anak yang susah makan.

10. Sabar

Terakhir, cara mengatasi anak susah makan adalah dengan sabar. Anak Anda mungkin saja tidak langsung menuruti arahan Anda untuk makan. Hal ini membutuhkan proses yang bisa jadi tidak sebentar. Namun, alih-alih tersulut emosi dan malah memarahi anak, baiknya bersabar dan tetap bimbing si kecil dengan penuh kasih sayang.

Ingat, marah terhadap anak hanya akan membuat kondisi psikologisnya memburuk. Alih-alih menuruti kemauan Anda, anak justru berpotensi memberontak. Jadi, bersabar saja, ya.

Itu dia informasi mengenai tips atau cara mengatasi anak susah makan yang mungkin kini sedang dialami anak Anda. Tentu menjadi hal yang penting untuk menjaga pola makan anak agar tumbuh kembangnya dapat berjalan optimal, pun agar anak tidak rentan terserang penyakit. Semoga bermanfaat!





Source link