10 Cara Mencegah Munculnya Diabetes Tipe 2

By | July 30, 2019


DokterSehat.Com – Diabetes adalah salah satu gangguan yang muncul dan menyebabkan tubuh jadi sering lemas dan muncul kerusakan di saraf. Penyakit ini umum terjadi pada mereka yang sudah tua atau memiliki riwayat dari keluarga. Meski demikian, kalau Anda memiliki gaya hidup yang buruk, kemungkinan besar bisa mengalami penyakit ini lebih mudah.

Mencegah diabetes muncul pada tubuh

Diabetes tidak bisa disembuhkan. Yang bisa dilakukan kalau seseorang mengalaminya adalah menjaga pola makan dengan baik agar gejalanya tidak muncul. Kalau Anda berisiko memiliki diabetes atau tidak mau memiliki kondisi ini berikut beberapa cara pencegahan yang bisa dilakukan.

  1. Kurangi karbohidrat dan gula

Mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat sederhana dan gula bisa meningkatkan risiko mengalami diabetes. Saat kita mengonsumsi karbohidrat sederhana dan turunannya gula darah di dalam tubuh akan mengalami peningkatan dengan cepat. Peningkatan ini menyebabkan beberapa masalah pada tubuh apalagi saat insulin jadi resisten.

Seseorang yang tidak memiliki riwayat mungkin tidak langsung mengalami diabetes. Biasanya kondisi pra diabetes yang akan terjadi terlebih dahulu. Kurangi karbohidrat sederhana dan ganti dengan yang kompleks. Batasi gula pasir seperti 4-6 sendok teh setiap hari atau tidak sama sekali.

  1. Melakukan olahraga secara rutin

Ada dua manfaat dari insulin yang bisa Anda dapatkan secara langsung. Pertama adalah untuk menurunkan risiko kegemukan. Seperti yang kita tahu kalau kegemukan adalah salah satu faktor yang menentukan seseorang mudah mengalami diabetes atau tidak. Biasanya pola makan dan kebiasaan akan menjadi faktor selanjutnya.

Kedua, dengan melakukan olahraga sensitivitas dari insulin yang dimiliki oleh tubuh akan meningkat. Misal olahraga dengan intensitas sedang, sensitivitas bisa naik hingga 51 persen. Selanjutnya kalau melakukan olahraga dengan intensitas tinggi, kenaikannya bisa mencapai 85 persen.

  1. Selalu minum air putih

Minum air putih harus dilakukan setiap harinya. Anda harus minum air sebanyak 6-8 gelas air putih agar tidak mengalami dehidrasi dan risiko mengalami diabetes jadi turun. Air putih bisa menstabilkan gula darah di dalam tubuh dan juga menstabilkan jumlah insulin yang dihasilkan.

Dengan terbiasa minum air putih setiap harinya, Anda akan menghindari minuman lain yang memicu diabetes seperti soda atau minuman yang terlalu manis lainnya. Selalu bawa air putih di dalam botol dan bawa ke mana saja.

  1. Turunkan berat badan kalau mengalami obesitas

Berat badan identik sekali dengan diabetes dan masalah kesehatan lainnya. Kalau saat ini Anda mengalami obesitas, ada baiknya untuk mulai mengatur pola makan dengan baik. Selanjutnya lakukan juga olahraga sesuai dengan kebutuhan. Penurunan yang normal biasanya sekitar 0,5-1 kg dalam seminggu.

  1. Lakukan diet rendah karbohidrat

Lakukan diet rendah karbohidrat. Diet ini tidak dilakukan dengan membuang semua karbohidrat. Anda masih bisa mengonsumsinya dengan jumlah tertentu, umumnya sekitar 50-75 gram saja dalam sehari. Diet ini juga bisa menurunkan berat badan dan memperbaiki kualitas daya tahan tubuh.

  1. Berhenti merokok

Kalau tidak mau mengalami diabetes, ada baiknya untuk berhenti merokok atau tidak berdekatan perokok. Dari beberapa penelitian yang dilakukan, seseorang yang merokok mudah sekali mengalami diabetes, bahkan perokok pasif pun juga akan mengalaminya. Daripada merokok, ada baiknya Anda melakukan olahraga yang membantu tubuh menyehatkan paru.

  1. Makan dengan porsi yang tidak banyak

Dalam sekali makan, tubuh akan mendapatkan suplai gula dalam jumlah banyak, sebagian besar dari karbohidrat. Kalau Anda makan dalam jumlah banyak dan sekali habis, peningkatan gula darah akan terjadi dengan cepat. Makanlah dalam porsi sedang. Kalau memang masih lapar nanti bisa makan lagi setelah beberapa jam.

  1. Memperbanyak serat dalam diet

Serat di dalam tubuh yang Anda makan dari sayuran atau buah akan melapisi usus. Lapisan ini akan mencegah penyerapan gula darah berlebihan dan juga kolesterol. Makan sesuatu yang berserat juga akan membuat tubuh jadi mudah sekali kenyang dan terhindar dari makan yang berlebihan.

  1. Mendapatkan vitamin D yang cukup

Selama ini kita selalu menganggap kalau vitamin D baik untuk kesehatan tulang bersama dengan kalsium. Rutin mendapatkan vitamin D akan mencegah pengeroposan pada tulang khususnya pada wanita yang sudah tua. Ternyata vitamin D juga bermanfaat untuk tubuh dalam hal menurunkan risiko diabetes tipe 2 yang berbahaya dan bisa memicu masalah faal.

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, seseorang dengan jumlah vitamin D yang sedikit di dalam tubuh akan rentan mengalami diabetes. Sebaliknya kalau kadar vitamin D cukup tinggi dan sesuai dengan kebutuhan, peluang mengalami diabetes bisa turun hingga 43 persen.

  1. Mengonsumsi teh dan kopi

Meski air adalah minuman utama yang harus dipenuhi tanpa bisa diubah, Anda disarankan untuk mengonsumsi kopi atau teh yang mengandung kafein cukup tinggi. Dengan mengonsumsi kopi secara rutin, kemungkinan tubuh mengalami diabetes bisa menurun 8-54% dari mereka yang tidak mengonsumsinya.

Oh ya, perlu diingat kalau tidak semua orang bisa mengkonsumsi kopi dalam jumlah banyak karena perut akan terasa perih Kalau Anda termasuk orang yang alergi dengan kafein, lebih baik tidak mencobanya. Beberapa cara di atas sudah cukup untuk menurunkan risiko diabetes pada tubuh.

Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya diabetes di tubuh. Kalau Anda bisa melakukan beberapa hal di atas dengan baik, kondisi tubuh bisa terjaga dengan baik setiap saat. Mari biasakan gaya hidup sehat mulai sekarang agar penyakit berbahaya ini tidak mendadak muncul dan sudah dalam kondisi yang parah.

 





Source link