10 Alasan Mengapa Tidur Berkualitas Itu Wajib

By | Agustus 6, 2019


DokterSehat.Com – Kalau Anda termasuk orang yang mudah sekali tidur dengan nyenyak, bahkan baru beberapa menit rebahan sudah tidur, banyak-banyaklah bersyukur. Pasalnya ada banyak sekali orang di luar sana yang tidak bisa tidur dengan nyenyak. Bahkan, setiap malam sering sekali mengalami insomnia atau sleep apnea.

Alasan tidur berkualitas itu penting

Tidur yang berkualitas mulai dari kenyenyakannya dan durasinya yang 7-9 jam per malam sangat penting. Kalau Anda masih mempertahankan pola tidur itu kemungkinan terjadi masalah pada kesehatan akan rendah. Berikut beberapa alasan mengapa tidur berkualitas itu penting.

  1. Tidur yang buruk memicu obesitas

Tidur yang buruk bisa terjadi karena banyak hal. Ada yang dipicu dari kondisi medis yang sedang dialami. Namun, tidak sedikit yang terjadi karena kesalahan kita sendiri. Misal sebelum tidur terlalu banyak minum kopi sehingga kualitas tidur jadi anjlok dan durasinya tidak lama setiap malamnya.

Kalau seseorang memiliki kualitas tidur yang buruk, kemungkinan besar mood juga akan terganggu dan hormon mengalami fluktuasi. Dampak dari kondisi ini adalah meningkatnya nafsu makan. Seseorang akan lebih banyak makan untuk membuat tubuh jadi nyaman. Selain itu, kekurangan energi juga memicu Anda makan terlalu banyak dan akhirnya memicu obesitas.

  1. Tidur berkualitas membuat Anda makan lebih sedikit

Saat Anda bisa tidur dengan berkualitas, kadar dari hormon leptin akan meningkat dan menekan hormon ghrelin. Hormon ghrelin adalah hormon yang digunakan untuk meningkatkan nafsu makan pada seseorang. Sementara itu hormon leptin digunakan untuk menurunkan nafsu makan yang berlebihan.

Dengan kadar leptin yang menurun, kemungkinan besar tidak akan terjadi masalah pada tubuh. Anda bisa dengan mudah menahan diri untuk tidak makan secara berlebihan dan makan apa saja yang dibutuhkan. Dengan kondisi ini, kemungkinan terjadi surplus kalori akan rendah.

  1. Tidur yang cukup meningkatkan performa olahraga

Dari beberapa penelitian yang dilakukan, tidur dengan nyenyak dan berkualitas ternyata bisa meningkatkan kemampuan olahraga seseorang. Kalau sampai seseorang tidak bisa tidur dengan nyenyak, kemampuan mereka dalam konsentrasi, ketepatan, hingga kekuatan ototnya bisa saja mengalami penurunan.

  1. Tidur berkualitas meningkatkan produktivitas dan konsentrasi

Kalau Anda pernah mengalami gangguan tidur atau sengaja tidur lebih malam karena ada acara tertentu. Esok pagi tentu kualitas tubuh untuk bekerja dan konsentrasi akan mengalami gangguan. Itulah kenapa kita disarankan untuk menjaga kualitas tidur kalau tidak ingin produktivitas kerja dan konsentrasi mengalami kemerosotan.

  1. Sering alami gangguan tidur bisa alami gangguan jantung dan stroke

Sulit tidur setiap hari menyebabkan gangguan pada jantung dan stroke. Gangguan ini muncul karena peredaran darah cenderung mengalami gangguan seperti hipertensi. Kalau Anda tidak mau mengalami stroke dan sejenisnya, ada baiknya untuk tetap menjaga kualitas tidur setiap harinya.

  1. Gangguan tidur memicu masalah diabetes

Kalau Anda mengalami gangguan tidur setiap hari bisa menyebabkan penurunan sensitivitas dari insulin. Penurun sensitivitas insulin yang terjadi setiap hari bisa menyebabkan kondisi diabetes terjadi. Bahkan, dari penelitian yang dilakukan, seseorang yang tidur kurang dari 6 jam semalam, rentan mengalami diabetes tipe 2.

  1. Tidur tidak berkualitas memicu depresi

Tidur yang buruk sepanjang malam dan terjadi terus-menerus bisa membuat seseorang mengalami depresi. Itulah kenapa kita disarankan untuk tetap bisa tidur dengan nyenyak. Kalau Anda tidak bisa tidur dengan nyenyak, tidak hanya fisik saja yang mengalami gangguan, mental pun juga ikut mendapatkan andil. Akhirnya depresi terjadi dan masalah pikiran lain muncul.

  1. Tidur berkualitas memicu meningkatkan kekebalan

Tidur yang berkualitas akan membuat tubuh jadi sehat. Daya tahan tubuh juga meningkat dengan baik sehingga Anda jadi jarang sekali sakit. Kalau Seseorang jarang sekali tidur dengan baik, kemungkinan mereka mengalami sakit meski hanya sekadar pilek atau flu akan besar. Itulah kenapa orang yang sakit butuh banyak tidur agar daya tahan tubuh bisa meningkat dan mampu melawan gangguan yang terjadi.

  1. Inflamasi muncul karena tidur tidak berkualitas

Terus mengalami gangguan tidur bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan pada tubuh berupa inflamasi. Inflamasi ini akan membuat bagian tubuh rusak bahkan ke selnya juga ikut rusak. Dari beberapa penelitian, seseorang yang jarang tidur sering mengalami inflamasi di saluran cerna seperti inflammatory bowel diseases.

Inflamasi di saluran cerna memang tidak hanya disebabkan oleh masalah tidur. Meski demikian, Anda disarankan untuk lebih bisa mengenali gejala yang ada. Kalau masalah muncul akibat salah makan sementara tidur tidak ada gangguan, berarti infeksi dari bakteri bisa saja terjadi.

  1. Tidur memengaruhi emosi dan interaksi sosial

Tidur akan memengaruhi emosi seseorang secara menyeluruh. Emosi ini bisa terjadi karena seseorang masih sering mengalami lelah dan harus tetap melakukan aktivitas hariannya. Kalau seseorang mudah marah dan juga tersinggung, kemungkinan besar interaksi sosialnya akan terganggu.

Semua orang tidak akan tahu kondisi atau kualitas tidur yang Anda miliki. Kalau mendadak marah atau judes tentu orang lain juga tidak nyaman. Dari beberapa penelitian dengan emosi dan pengenalan ekspresi wajah juga menemukan fakta kalau mereka yang jarang tidur nyenyak memiliki wajah seperti mau marah.

Inilah beberapa alasan mengapa tidur yang berkualitas itu sangat penting untuk tubuh. Dari beberapa ulasan di atas terlihat dengan sangat jelas kalau kita disarankan untuk bisa mengembalikan pola tidur agar kesehatan tetap terjaga. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengatur pola makan, melakukan olahraga, dan mengurangi stres. Semoga bermanfaat!





Source link